6 Cara Jitu Optimasi Seo On Page

6 Cara Jitu Optimasi Seo On Page
6 Cara Jitu Optimasi Seo On Page
Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang cara optimasi seo on page pada blogspot. Setelah kemarin saya telah mengulas tentang cara menulis artikel yang seo friendly, sekarang saya akan melanjutkan cara optimasi seo on page. Seperti yang telah disampaikan para blogger yang lain bahwa seo dibagi menjadi dua, yaitu seo on page dan seo off page. Untuk kalian yang masih kurang atau belum memahami nya mari silahkan baca terlebih dahulu.

Persis yang saya sampaikan diatas, disini saya akan mengulas sedikit tentang cara optimasi seo on page. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengoptimasi seo on page pada blog kita

Sebelum kita lanjut lebih detail. Saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang on page terlebih dahulu. On page adalah segala sesuatu yang terdapat di dalam blog kita. On page bisa terdiri dari, nama domain, template blog, tampilan gambar pada content, isi content, dan masih banyak lainnya.

Disini saya akan membahas seo on page di dalam content atau postingan saja. Karena dari yang telah saya sebutkan diatas mengenai seo on page, content merupakan hal yang paling utama daripada yang lainnya. Maka banyak blogger yang menyebut sebagai content is king

Baiklah daripada saya banyak bicara mari langsung saja kita bahas satu persatu dengan detail tentang cara optimasi seo on page pada content blogspot.

Cara Optimasi SEO On Page Blogspot

Sebenarnya sudah banyak blogger yang mengulas tentang cara optimasi seo on page sebelumnya yang pastinya juga secara mendetail, salah satunya adalah blognya mas sugeng. Namun disini saya akan menyampaikannya kembali bagi anda yang masih belum paham secara singkat padat dan jelas tentunya. Dan cara ini bisa anda terapkan pada blog anda

1. Optimasi tepat di judul artikel

Untuk optimasi pada judul artikel kali ini berkaitan erat dengan keyword atau sering juga disebut dengan kata kunci yang akan kita bidik. Tapi disini saya tidak akan membahas cara riset keyword, mungkin anda semua sudah paham akan tentang cara riset kata kunci bukan? Atau saya akan membahasnya di lain waktu saja ya sobat.

Misalnya saja, sebagai contoh disini kita akan membidik kata kunci tentang “daftar harga hp xiaomi” 

Kita bisa mengembangkan judunya menjadi lebih sedikit panjang, akan tetapi tetap harus mengandung kata kunci yang kita bidik diatas tadi. Contohnya :

Daftar harga hp xiaomi terbaru, daftar harga hp xiaomi terbaru tahun ini, daftar harga hp xiaomi redmi 3. Atau yang lainnya.

Saya sarankan jika anda sedang mengoptimasi judul artikel usahakan letakkan kata kunci di awal kalimat pada judul.

2.Optimasi di dalam isi artikel

Cara optimasi seo on page selanjutnya adalah di dalam isi content yang anda buat. Optimasi juga harus dilakukan dalam isi conten, isi content merupakan jantung dari artikel yang anda buat. Lalu bagaima cara optimasi seo on page sala isi content? Caranya yaitu dengan memperhatikan kata kunci yang terdapat dalam isi content

Yang saya maksud disini adalah peletakan kata kunci ke dalam artikel blog kita. Misal sperti yang sudah saya utarakan pada langkah pertama, yaitu kita membidik kata kunci harga hp xiaomi. Tapi kta juga harus memperhatikan tata letak kata kunci tersebut

Banyak blogger yang sudah menyampaikan tentang peletakan kata kunci yang seo. Secara singkatnya seperti ini :
Pada awal paragraph, utamakan pada 100 kata pertama atau di kalimat kedua paragraph pertama
Di tengah tengah isi artikel
Pada akhir paragraph, atau paragraph penutup


3.Optimasi pada subheading atau H2

Untuk cara optimasi seo on page yang ketiga adalah dengan cara mencantumkan kata kunci bidikan di sub judul artikel. Sub judul kalau di blogsopot lebih dikenal dengan sebutan sub heading

Apa alasan kita harus meletakkan kata kunci di subjudul. Ya…. Karena mesin pencari akan mendeteksi pada judul dan subjudul terlebih dahulu, setelah itu baru isi content. Jadi subjudul juga dapat membantu optimasi seo on page di blog kita.


4. Optimasi pada meta deskripsi

6 Cara Jitu Optimasi Seo On Page
6 Cara Jitu Optimasi Seo On Page

Meta deskripsi adalah susunan beberapa kata yang akan terlihat di bawah kata kunci saat kita melakukan pencarian di search engine.

Kita harus mengaktifkan meta deskripsi terlebih dahulu untuk memunculkan untuk bisa memunculkan meta description. Caranya :
1. Masuk ke dashboard blogger
2. Pilih menu setelan
3. Pilih menu opsi paling atas yang bernama “Tag Meta”, klik edit dan pilih ya.
4. Kosongkan saja kotaknya.
5. Setelah selesai klik simpan

Setelah anda melakukan pengaturan tersebut, pada saat anda membuat artikel anda akan menemukan opsi bau di bar kanan kotak isi artikel yaitu “ deskripsi penelusuran”

Pada kolom deskripsi penelusuran ini isilah dengan kata kunci yang anda rangkai menjadi beberapa kalimat yang menarik untuk mengundang klik para pengunjung.


5.Optimasi pada URL postingan blog anda

Untuk optimasi langkah kelima adalah optimasi pada url artikel blog anda.Yaitu dengan cara memasukkan kata kunci yang kita bidik tadi di option tautan khusus pada saat membuat artikel blog. Untyk platform blogspot sendiri biasanya sudah otomatis menyesuikan judul url nya.

Namun saran saya sebaiknya anda memperpendek dan mempersingkat saja urlnya, yaitu dengan cara mengisinya dengan kata kunci yang kta bidik saja

6.Optimasi pada gambar yang terdapat pada artikel

Gambar dalam potingan juga tidak kalah penting, jadi anda jangan pernah melupakan keberadaan gambar di postingan. Gambar merupakan sebual elemen penting untuk menarik pengunjung ke blog kita, agar mereka melihat lebih detai tentang content yang telah kita buat.

Gunakanlah gambar yang menarik, full colour juga boleh, yang penting menarik, Optimasi pada gambar bisa kita lakukan dengan cara maneruh judul artikel pada “title tag” dan juga “alt tag pada gambar”
Nah diatas adalah beberapa cara optimasi soe on page pada artikel. Artikel yang saya tulis diatas saya peroleh dari beberapa blogspot yang pernah saya kunjungi dulu, dan saya teruskan lewat artikel ini dengan versi menurut saya sendiri

Sekian dulu artikel yang saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa bantu share ya. Terima kasih atas kunjungan nya sobat.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "6 Cara Jitu Optimasi Seo On Page"

  1. Wah bagus nih. Semua blogger harus tau ini nih. Ane nyoba alhamdulillah bisa page one. Mantab jiwa. Ada cara lain gak selain ini ? Apakah cuman ini yang bisa page one ?

    BalasHapus
  2. SEO sangat mempengaruhi nilai sebuah blog / website dimata google,akan tetapi pihak blogger belum menyediakan tempat untuk menampung cache gambar, hal ini mempengaruhi pada optimasi gambar untuk page SEO. Mungkin kalau agan punyacara simpan cache gambar untuk blog bisa dishare gan :D

    BalasHapus
  3. Bang mau nanya optimasi onpage udah tetapi masih belum pageone gimana solusinya?

    BalasHapus
  4. Maksih info tentang seo nya min . Pentong banget nih buat dasar blogging

    BalasHapus
  5. Baru tahu gan kalau optimasi SEO ON Page itu seperti itu. Makasih infonya gan.

    BalasHapus
  6. makasih gan, bagus nih artikel buat lomba kontes seo. pada artikel ini sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. mantap ini bang, informatif banget.
    solder uap

    BalasHapus
  8. thanks bgt mas ... sesuai dengan yang saya cari and sekalian nitip link ya mas
    https://bit.ly/2xLU5W2

    BalasHapus
  9. MAKASIH TIPSNYA SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA YANG MASIH PEMULA, DALAM DUNIA BLOGGIING MEMANG ARTIKEL SEPERTI INI SANGAT PENTING UNTUK DIPELAJARI, AGAR BLOG KITA NANTINYA JUGA TIDAK KALAH MENARIK DENGAN BLOG INI.

    BalasHapus