6 Cara Jitu Menulis Artikel Yang SEO Friendly

Seorang blogger pasti mengigninkan blognya memiliki pengunjung yang banyak untuk setiap harinya. Akan tetapi untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, di dalam blog tersebut harus ada artikel yang menarik. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara menulis artikel yang SEO friendly. Banyak blogger yang miskin ilmu dan bermalas malasan, pengen hasil maksimal akan tetapi pakai cara instan, yaitu hanya dengan copy paste. Padalah hal ini sangat dilarang oleh google, dan hal ini juga menyalahi aturan blogger. 

Dalam menulis artikel usahakan hati kita dalam keadaan yang senang, agar pada saat menulis tidak ada beban, selain itu tulislah apa yang sudah anda pikirkan terlebih dahulu. Buatlah artiel dengan topik yang anda kuasai atau anda mengerti agar tidak terasa berat saat menulis artikel. Jika kemarin saya sudah mengepost tentang cara membuat blog dengan cara yang baik dan benar, maka kali ini akan coba berbagi ilmu tentang cara menulis artikel yang SEO friendly
6 Cara Jitu Menulis Artikel Yang SEO Friendly
6 Cara Jitu Menulis Artikel Yang SEO Friendly

Cara belajar seo sebenarnya cukup mudah, asalkan ada niat dan kemauan untuk lebih maju dan berkembang. Dengan cara mau belajar dan menulis dan tentunya dengan rasa yang sabar mungkin juga ini merupakan slah satu cara menjadi no 1 di google

Langsung saja saya akan menjelaskan sedikit tentang tips untik menulis artikel dengan baik dan benar, agar meningkatkan trafik atau kunjungan blog kita perhari.

1. Riset kata kunci

Menguasai cara menulis artikel yang seo dan baik belumlah cukup, bayangkan saja, kita susah susah menulis artikel dengan baik dan juga panjang akan tetapi, kate kunci atau artikel yang kita tulis tidak ada yang mencari atau membutuhkan, sama saja bukan? Bandingkan saja kita menulis artikel dengan kata kunci yang pencariannya 10 kali dalam sehari dengan menulis artikel yang pencariaannya mencapai 100 perhari, pasti bayak yang 100 kali per hari bukan. MAka dari itu disini juga dbutuhkan riset kata kunci.

Untuk langkah yang ini kita bisa menggunakan bantuan alat yaitu Google Adwords Keyword Planner. Dengan bantuan tools ini kita bisa mendapatkan banyak kata kunci yang akan kita gunakan, disitu juga sudah tertera berapa volume pencarian perbulannya. Dalam tools ini sudah tertera persaingan untuk kaca kunci tertentu, misalnya rendah, sedang, atau tinggi. Selain itu di salam tools ini juga terdapat perkiraan harga perklik dari kata kunci tersebut.

Riset kunci adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam setiap akan membuat artikel dalam blog.


2.Buatlah judul semenarik mungkin

Judul merupakan hal yang tidak kalah penting dalam sebuah artikel. 8 dari 10 orang yang mampir ke blog anda pasti mereka membaca judul artikel anda terebih dahulu. Jika judul menari pasti akan dibaca isinya, akan tetapi jika judunya saja sudah tidak karuan, pastinya dia akan langsung meninggalkan blog anda bukan?.

Nah dari pernyataan diatas sebaiknya anda merangkai terlebih dahulu judul yang menarik untuk di klik oleh pengunjung, hal ini juga akan meningkatkatn trafik blog kita.


3.Perhatikan jumlah kata per artikelnya

Menurut saya blog yang berada di page 1 google itu memiliki kata yang berjulmah 500 sampai 1200 kata, mungkin lebih.

Akan tetapi cara ini saya lakukan jika pesaingnya tinggi, jika kita menggunakan kata kunci yang pesaingnya rendah, kita bisa menulis artikel yang sederhana saja. Arti kata sederhana disini adalah artikel nya singkat padat dan jelas, usahakan minimal 500 kata.


4.Gunakan paragraf pertama untuk menarik perhatian

Letakkan kata kunci pada 100 kata pertama pada paragraf pertama artiekl pada blog. Hal ini juga bertujuan agar blog anda lebih mudah muncul dalam page 1 di google.

Coba saja anda menegtik sebuah judu di mesin pencarian google, nah setelah anda search pasti akan muncul beberapa blog, dan dibawah judul blog itu ada deskripsi dan ada kata kata yang dicetak tebal bukan? dan kata kata itu juga terkandung dalam judulnya.


5.Optimasi dengan backlink

Backlink merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh banyak master blog. Tapi juga banyak yang mengutarakan bahwa banyak backlink di dalam artikel daripada backling di komentar. hal ini disebabkan karena banyak blogger yang terkena penalty oleh google karen melakukan spam komentar, maka dari itu mulai dari sekarang hentikan hal itu.

Untuk backilnk sendiri tidak usah terlalu muluk muluk, lakukan backlink sebanyak 3 kali sehari saja, dengan cara rutin, untuk hari hari selanjutnya bisa dilanjutkan dengan penekanan pada anchor text

6. Lakukan pemerikasaan bahasa dan ejaan dalam artikel

Untuk cara yang ini mungkin terdengar sepele, akan tetapi sebenarnya cara ini merupakan cara yang penting. Jika artikel dalam blog kita terdapat ejaan atau kata yang salah, maka hal tersebut akan menimbulkan kesan yang tidak profesional. 

Coba anda bayangkan jika anda menemui blog yang menjual konten atau produk dengan harga yang tinggi, akan tetapi dalam artikel blog tersebuat terdapat banyak kata dan juga ejaan yang salah. Pakah ada yang akan membeli prduk tsb, menulis saja tidak benar, dan apakah akan dipercaya oleh costumer.

Untik memeriksa bahasa dan ejaan dalam artikel dapat dilakukan dengan berbagai cara. Buatlah artikel sampai selesai terlebih dahulu dan jangan pikirkan kata yang salah, stelah selesai membuat, bacalah artikel anda dengan teliti, jika menemukan kata atyau ejaan yang salah langsung benarkan.


Sekian dan terima kasih sudah berkenan mengunjungi blog saya dan membaca artikel tentang Cara Menulis Artikel Yang SEO Friendly, tunggu update artikel selanjutnya ya.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "6 Cara Jitu Menulis Artikel Yang SEO Friendly"