3 Cara Jitu Mempromosikan Konten Blog

Menulis artikel dengan baik dan benar secara seo di blog merupakan hal yang sangat penting, akan tetapi hal ini akan sia sia jika kita tidak melakukan promosi blog.

Promosi blog merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh para blogger

Mungkin juga banyak yang berpendapat bahwa promosi blog lebih penting daripada membuat konten
Walaupun kita memiliki ratusan artikel di dalam blog kita tetapi visitors blog kita juga hanya ratusan bahkan puluhan perhari, kan sia sia, kita sudah nulis artikel susah susah tapi pengunjungnnya sedikit

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan 3 cara jitu unutuk mempromosikan konten blog, walaupun anda semua sudah pernah menemua artikel seperti ini mungkin cara saya ini sedikit lebih efektif dari pada yang lain.

Langsung saja tidak usah banyak bicara kita mulai masuk ke inti pembahasan

Sebenarnya cara promosi konten sangat banyak, namun pada pembahsan kali ini saya akan membahsa secara efektif saja….

Persiapan yang perlu dilakukan : Membuat gambar yang menarik untuk dishare ke media social.
Pada umunmnya banyak blog besar yang menggunakan gambar, dan pasti gambari itu menarik, karena hal ini juga dapat mengundang klik pengunjung.

Mengapa harus dengan gambar yang menarik. Ini alasannya :

Coba bayangkan saja, jika konten anda tidak bergambar, atau gambar yang ada di dalamnya jelek, maka apakah mungkin ada yang mau klik walaupun ada, itu tidak seberapa jika dibandingkan anda menggunakan gambar yang bagus dan menarik perhatian

Lalu bagaimana cara membuatnya. Ya… cara membuatnya tida sulit, kita hanya menggunakan aplikasi web dari Canva. Aplikasi web ini dapat anda gunakan untuk menedit gambar dan memberi tulisan.

Untuk mencari background nya sendiri anda bisa mengunjungi situs situs dibawah ini:

1. Pixebay (Gratis)
2. Pexels (Gratis)
3. Freepik (Gratis)
4. Depositphotos (Bebayar)

Setelah gambar yang anda buat sudah selesai anda modifikasi, maka langkah selanjutnya adalah promosi…. Jeng jeng

1.Pasangkan link yang menuju blog blog lain di artikel yang anda buat

Cara pertama ini merupakan cara yang cukup mudah, agar konten yang telah kita buat di share oleh para blogger blogger yang mempunyai banyak followers.

Pada saat anda membuat sebuah konten, pada kata kunci tertentu atau dimana saja, cantumkan link yang menuju ke blog mereka.

Contoh saja jika anda membuat artikel yang berjudul tentang “cara optimasi seo pada blogspot” salah satu optimasi kan ada dengan cara optimasi di artikel blog. Nah maka dari itu anda bisa pasang link ke dalam artikel anda yang membahsa tentang cara optimasi artikel secara seo. Dan sebagainya

Seperti itulah kira kira langkah pertama yang harus anda lakukan sobat. Bagaiama mudah bukan.
Saya sarankan pasang minimal 2-6 link ke blog lain ke artikel anda, anda juga bisa melerakkannnya pada masing masing subheading pada artilek tersebut. Jika artikel yang anda buat mengandung 8 subheading ya anda boleh memasng 8 atau lebih link ke blog lain
.
Eithh tapi belum selesai sampai segitu. Setelah anda selesai membuat artikel dan anda terbitkan. Ada hal lagi yang harus anda lakukan.

1. Carilah halaman kontak pada blog tersebut
2. Hubungi kontak yang ada di blog tersebut, bisa berupa konta hp, maupun alamat email dan sebagainya. Pokoknya yang bisa dihubungi lah intinya..
3. Kalau masih tidak ada respon dari mereka kirimkan email follow-up 5 hari kemudian.

Ya itu sajalah yang harus anda lakukan di cara pertama ini….

Ingat cara ini juga menitik beratkan pada kualitas konten yang anda buat, jika konten yang anda buat memiliki kualitas yang bagus, maka merekal akan dengan senang hati membantu share artikel yang telah anda buat ke akun social media mereka.

Dengan cara ini mungkin saja anda akan mendapatkan ratusan hingga ribuan pengunjung dari hasil share para blogger yang anda hubungi tadi

2. Bergabunglah ke grup faecbook sesuai dengan topic blog kamu


Sebenarnya semua nice itu ada grup facebook nya. Maka masuklah ke grup tsb untuk menjalin hubungan dengan anggota yang lainnya.

Ada hal yang perlu anda ketahui saat berpromosi di dalam grup facebook. Seperti contoh jangan sembarangan promosi di dalam grup tersebut. Perlu anda ketahui grup yang bagus itu pasti aturannya sangat ketat, jika anda dinila spam, maka anda akan langsung di kick dari grup tersebut. Dan jika sampai terjadi hal ini anda akan kehilangan ladang promosi besar anda. Jadi mungkin anda batasi promosi link anda ke grup tersebut.

Yaa.. disini saya akan menjelaskan sedikit kaidah untuk berpromosi

1. Gunakan skala promosi 1:4. Maksudnya 1:4 disini adalah dengan cara anda melakukan 4 kali post  non promosi terlebih dahulu, dan lakukan promosi link konten anda 1 kali. Lakukanlah cara ini berulang ulang
2. Ingat konten yang anda share harus benar benar bermanfaat dan harus berkualitas.
3. Jangan sampai ada unsur penjualan dalam konten anda

Yang saya maksud posting non promosi diatas adalah, anda bisa melakukannya dengan cara melakukan diskusi dengan member lain, atau melakukan Tanya jawab terlebih dahulu sebanyak 4 kali.

Anda juga bisa membuat fanspage facebook sebagai ajang promosi blog anda di facebook, nah untuk cara pembuatan fanspage facebook di blog sendiri anda dapat membacanya di artikel ini cara membuat fanspage fb di blog

3.Lakukan guest blogging dengan blogger blogger besar

Di setiap pembahasan di blog lain cara ini tidak mungkin terlupakan.

Cara ketiga ini merupakan cara yang cukup efektif tapi cukup agak sulit menurut saya

Selain kita mendapatkan traffic atau pengunjung, kita juga akan memperoleh backlink yang berkualitas , sehingga akan berdampak bagus pada rank di google

Ini juga merupakan salah satu cara agar blog kita mendapatkan backlink

Nah… itulah 3 cara promosi blog yang dapat saya sampaikan. Sekian dulu ya sobat tunggu update artikel dari kami, terima kasih telah berkunjung. Dan jangan lupa bantu share. Semoga berkah bagi anda semua

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "3 Cara Jitu Mempromosikan Konten Blog"

  1. menurut saya jumlah link blog lain yang terpasang tergantung panjangnya artikel

    BalasHapus
  2. ternyata begitu cara agar promosinya bisa berhasil, selama ini saya kurang jeli melihat potensi dari promosi konten blog ini. Saya coba terapkan dulu. terima kasih atas infonya.

    BalasHapus
  3. Untung nomer 2 dan 3 sudah saya lakuin gan

    BalasHapus
  4. ane baru tahu klo skalanya 4:1 hmm

    BalasHapus
  5. Cara ketiga kayaknya butuh sabar dan banyak kuota hehe
    Praktik ah, makasih ya

    BalasHapus
  6. poin satu sudah saya lakukan. ini seperti menyebut sang blogger di konten blog. saya udah coba nih mas.

    mungkin pada poin ini mas punya sama dengan saya tida?

    untuk poin kedua juga udah saya lakukan mas

    poin tiga agak sulit untuk beberapa blogger, tapi ada juga yg menerima dengan senang hati. dan saya sudah mencobanya di blog baublogging.



    thank mas ilmunya.

    Mukhofas Al-Fikri | BauBlogging

    BalasHapus
  7. waah bermanfaat sekali min artikelnya ini, makasihs sudah share...
    http://cody.id/produk/blower/blower-cody-850d/

    BalasHapus
  8. Sekarang sepertinya orang pindah ke youtube deh mas.

    BalasHapus