5 Kesalahan Penulis

Kesalahan menulis sering dilakukan oleh para penulis pemula maupun penulis professional. Kesalaha menulis tersebut terdiridari beberapa hal. Dan disini saya akan merangkumnya menjadi 5 kesalahan menulis. 
5 Kesalahan Penulis
5 Kesalahan Penulis
Dan apakah anda melakukan salah satu kesalahan dibawah ini? Ya…. Anda akan menjawab pertanyaan ini setelah anda menyimak beberapa hal yang saya tulis dubawah ini. Mari langsung saja simak pembahasannya.  

1.Rasa malas

Malas merupakan salah satu penyakit ataupun musuh utama pada saat menulis, karena malas, kita tidak jadi semangat dalam menulis, dan menulis akan terasa berat. Alhasil apa???? Apa yang kita tulis tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan pastinya makna yang terkandung dalam tulisan kita sangatlah tidak menarik perhatian orang lain yang membacanya.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melawan rasa malas ini, salah satunya adalah dengan cara mempekuat tekad atau tujuan, jangan suka berhenti atau menunda saat kita sedang menulis ebuah artikel. 

Bulatkan tekad dan yakinkan pada diri sendiri untuk membuat artikel dengan kualias yang bagus


2.Terobsesi menjadi penulis yang sempurna

Menurut pendapat seorang ahli, keinginan atau tekad menjadi penulis yang sempurna akan berdampak negative bagi penulis tersebut, hal ini disebabkan si penulis akan terfokus pada satu hal dan tidak memiliki ruang menulis yang luas, sehingga apa yang dia tulis seakan akan tidak bermakna atau berharga oleh orang lain.

Tulisan yang dibuat bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan juga menghibur, oleh karena itu, sebuah tulisan harus mampu mengandung makna yang cukup. Selain itu untuk menghibur pembaca, usahakan dengan sedikit lelucon atau basa basi, agar tidak spaneng dalam membaaca tulisan tersebut

3.Terpaku pada sumber atau ide

Sumber dan ide cerita meruoakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan saat kita. Tujuan dari semua itu adalah agar apa yang kita tulis dan kita bahas tidak keluar jauh pembahasannya dari apa topic bahasan kita, karena semua itu akan membuat apa yang kita tulis terlihat kaku saat dibaca, dan juga monoton.

Nah….. maka dari itu menulislah sesuai kreativitasmu dan juga tulislah semua apa yang anda pikirkan, dan jangan membatasi ruang piker anda untuk menulis.


4.Merasa iri atau cemburu

Rasa iri dan cemburu pasti muncul kepada para penulis, sama juga dengan seorang seniman lainnya.
Disini yang saya maksud cemburu adalah cemburu terhadap penulis lain dan juga hasil tulisan mereka.

Perlu anda ketahui efek dari rasa iri dan cemburu ini bias berdampak baik maupun buruk. Efek baikya mungkin anda akan merasa termotivasi untuk menjadi lebih semangat dalam menulis setelah melihat karya dan juga teknik penulis tersebut. Akan tetapi efek buruknya, pada saat anda iri dan emosi anda akan dengan sangat terpaksa meniru cara, gaya, dan juga karya tulis mereka, sehingga apa yang anda tulis tidak menimbulkan efek unik nantinya.

5.Segan untuk membaca buku

Membaca merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk seorang penulis. Jangan berharap anda dapat menulis tanpa pernah sekalipun membaca buku, ataupun sumber dari lainnya. Walaupun bias, maka pada saat anda menulis akan terasa berat, karena kekurangan ide ide yang mau ditulis
.
Salah satu penulis terkenal dari amerika mengatakan bahwa “jika seseorang dapat membaca 10 buku setahun kami (penulis), seharusnya dapat melakukannya jauh lebih baik.” Jadi, sudah berapa banyak buku yang kamu baca tiap tahun?”

Okee…. Selesai sudah ya…. Pembahasan kita tentang 5 kesalahan penulis kali ini. Bagaimana… apakah anda sudah menemukan jawaban dari pertanyaan diatas?

Ya… jadi mulai sekrang marilah kita untuk bergegas untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik, dan berkaryalah sesuka anda, tuangkan ide dan pikiran anda pada tulisan yang anda tulis.

Semoga arikel yang saya tulis kali ini dapat bermnfaat bagi anda semua yang membaca, sekian terima kasih telah berkunjung, jangan pula bantu share ya kawan…. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "5 Kesalahan Penulis"

  1. Saya mlah niat nih gan, udh bli buku+dibaca, nice infonya gan

    BalasHapus
  2. Ternyata 5 dari ciri diatas ane memiliki 3 kesalahan yang harus diperbaiki..
    Mesti diperbaiki dengan segera ini, makasih min atas support dan share nya..

    BalasHapus