Cara Setting Robot.txt Khusus Blogspot

Beberapa kali saya pernah mendengar istilah robot.txt, akan tetapi saya sama sekali tidak tahu apa itu robot.txt? apa funsinya? apa dampaknya? dan lain sebagainya. Akan tetapi saya terus menggali dan mencari informasi tentanag apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Dan akhirnya allhamdulillah saya paham dan mengerti arti kata dari isttilah robot.tx, walaupun pengetahuan saya tentang hal tersebut tida sedalam dan sedetail mastah blogger yang diluar sana.
Cara Setting Robot.txt Khusus Blogspot
Cara Setting Robot.txt Khusus Blogspot

Setelah beberapa hari yang lalu saya telah memposting tentang cara agar artikel cepat terindek google, kali ini saya akan memposting tentang sedikit cara untuk setting robot.txt secara seo friendly yang ada di blogspot.

Sebelum itu mari kita pahami terlebih dahulu apakah arti istilah robot.txt itu ya sobat.

Apakah yang dimaksud robot.txt itu???

Intinya robot.txt ini merupakan sebuah ketentuan pengguna blog untuk mencegah dari mesin pencari, untuk mengizinkan mana yang boleh diindex, dan mana yang tidak boleh diindex. Selain itu robot.txt juga berguna untuk mengontrol suatu halaman yang boleh didindek dan tidak boileh diindek dari mesin pencari dan situs sosmed

Cara setting robot.txt di blogspot

Untuk platform blogspot sendiri sudah ada fitur robot.txt di dalamnya, kita dapat mensettingnya di menu setelan > preferensi penelusuran. Setting seperti code bi bawah ini

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http:ganti dengan URL anda/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Keterangan :
1.User-agent: Mediapartners-Google
Code untuk menandakan bahwa blog ini sudah menjadi partner google.

2.Disallow:
Code yang memerintahkan untuk dilarang untuk crawling

3.User-agent: *
Menandakan semua jenis robot search engine

4.Disallow: /search
Code yang memerintahkan untuk tidak diperbolehkan merayapi laman laman tertentu

5.Allow: /
Code yang memerintahakn untuk mengiziknka semua halaman untuk dirayapi, kecuali yang diatas tadi

6.Sitemap: http:URL anda/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
alamat sitemap dari blog anda
Cara Setting Robot.txt Khusus Blogspot
Cara Setting Robot.txt Khusus Blogspot

Untuk sitemap diatas adalah sitemap yang dapat anda gunakan jika artikel dalam blog anda berkisar 25 artikel

Jika artikel dalam blog anda mencapai kisaran 500 ubahlah dengan stiemap ini

ganti dengan URL anda/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Jika dalam blog anda sudah ada lebih dari 500 artikel, bisa menggunakan sitemap yang ini :

ganti dengan URL anda/atom.xml?redirect=false&start-index=500&max-results=1000


Diatas adalah cara setting robot.txt pada blogspot, dan terdapat beberapa jenis untuk kode sitemap yang dapat anda gunakan, saya sarankan sesuaikan dengan jumlah artikel blog anda saat itu. Perlu saya tekankan sekali lagi, jika anda ingin memodifikasi setiingan robot.txt, anda harus ekstra hati hati. 

Cukup sekian dulu artikel tentang cara setting robot.txt pada blogspot. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan menjadi berkah.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Setting Robot.txt Khusus Blogspot"

  1. Thanks gan infonya, saya baru tahu soal fungsi dan cara settingnya,

    BalasHapus
  2. kebetulan ane blom setting robot txt ini gan
    tnks tutornya gan

    BalasHapus
  3. baru tahu
    langsung pasang
    makasih informasinya

    BalasHapus
  4. thx gan, ane lagi nyari ni settingannya. soalnya robots.txt ane error gitu

    BalasHapus
  5. keren min artikelna, bermanfaat sekali...
    blower infrared

    BalasHapus
  6. bang jalan jalan dong ke lapak saya musicdowloadangle.blogspot.com dan cinemamksr.blogspot.com

    BalasHapus