5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar

Menulis adalah kewajiban seorang blogger, setelah apa yang mereka tulis sudah dianggap layak maka mereka akan mempublikasikannya. Hal ini dilakukan oleh semua blogger dengan tujuan agar mendapatkan kemajuan pada blognya. Akan tetapi hal ini tidak akan tercapai jika seorang blogger tidak memiliki keterampilan menulis, walaupun tercapai pasti akan terasa berat dan menjadi beban. 

5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar
5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar

Menulis sebuah artikel ataupun konten dalam blog, Menulis untuk blog tidak hanya sekedar semata mata membuat artikel dan tulisan yang dirangkai saja, tapi anda menulis dengan tujuan bagaimana caranya agar di respon dengan baik oleh pembaca, dan juga bisa bermanfaat tentunya bagi pembaca

Menulis artikel yang baik dan berkualitas bukanlah hal yang mudah, terutama bagi para blogger pemula. Akan dibutuhkan kerja keras dan konsentrasi yang tinggi dalam membuat artikel tersebut. Maka dari itu banyak blogger yang yang menggunakan cara pintas atau cara mudah, yakni dengan cara menggunakan jasa penulis artikel.

Akan tetapi apa iya, anda akan menggunakan jasa tersebut selamanya? Jelas tidak bukan…….?

Pada umumnya banyak blogger yang bergantung pada jasa penulis tersebut, padahal dengan menggunakan jasa penulis tersebut hanya akan menghabiskan biaya. Selain itu anda tidak akan mengerti dan mengetahui mana artikel yang baik, unik, berkualitas, dan disukai oleh mesin pencari. Anda pasti hanya akan berpacu dengan berapa harga yang mereka tawarkan, dan banyak kata yang mereka sediakan dengan jumlah harga segitu.

Tapi tenang saja sobat, mungkin setelah anda membaca artikel yang saya tulis ini anda dapat membuat sebuah artikel atau konten dengan baik tanpa harus mengurangi isi perut dompet anda…. Hehe…

Cara menulis artikel dengan baik dan mudah

1.Menentukan topik artikel


Cara pertamanya cukuplah simple, anda tentukan topic terlebih dahulu mengenai dengan apa yang akan tulis.

Maksud saya disini menentukan topic untuk menulis hanyalah untuk membatasi ruang berpikir anda agar tidak terlalu membahas kemana mana,

Yang saya maksud disini bukanya memikirkan judul terlalu matang ya sobat…

Selain itu, untuk mempermudah anda dalam penulisannya nanti anda dapat memikirkan topic turunannya.

Contoh, jika anda menggunakan topic nasi goreng, maka topic turunan yang dapat anda gunakan adalah manfaat nasi goreng untuk kesehatan, dampak buruk nasi goreng untuk kesehatan, dan lain sebagainya.


2.Selalu perhatikan awal kata pada setiap paragraf


Dari beberapa unsur penting dalam menulis, salah satu yang terpenting adalah kata pertama dalam paragraph tersebut,

Menjadi seorang penulis membutuhkan proses yang cukup lama untuk beradaptasi, untuk para pemula bisa menggunakan media massa atau media social untuk mengembangkan informasi yang akan ditulisnya.

Namun jika semua ini dilakukan dengan niat dan hati yang senang saat menulis, insyaallah jari jari kita dan pikiran kita akan sinkron dan dan terasa lebih ringan.

Dari mengetahui kata pembuka dari suatu paragraph maka anda akan dapat mengembangkannya menjadi kalimat kalimat yang dapat anda susun,

Ada berbagai contoh kata pembuka, misalnya dengan demikian, bukan hal yang mudah, Sebaiknya, dan masih banyak lagi.

Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan ide ide ini, contohnya anda juga bisa mendapatkan ide dari para presenter berita, 

5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar
5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar

Perhatikan kata awal nya dan mungkin bisa anda saring dan kembangkan menjadi paragraph yang utuh.

3.Jangan terlalu berpikir benar atau salah kata


Perlu anda ketahui dalam menulis anda mengungkapkan ekspresi dan perasaan anda saat itu, jadi jangan terlalu terpaku dalam tata bahasa dan kata terlebih dahulu….

Prinsip ini sangat penting untuk anda terapkan, agar tidak menjadi beban saat kita sedang menulis karena terlalu memikirkan kata kata yang salah

Untuk melakukan prinsip ini sangatlah mudah, pada saat anda mendapatkan sebuah ide, tulisah dan tuangkan dalam bentuk kalimat kalimat, yang tersusun menjadi paragraph,

5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar
5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar

Ide merupakan hal yang sangat penting sebagai modal untuk menulis, dengen idelah kita akan bisa membuat debuah artikel.

Nah… setelah anda selesai menulis sampai selesai, sekarang yang perlu anda lakukan adalah membaca dan mengoreksinya lagi. Dan apabila terdapat kata atau kalimat yang kurang enak dibaca atau sulit dipahami langsung saja benahi menjadi lebih efektif.

4.Gunakan gaya menulis seolah olah anda sedang berbicara dengan orang lain


Banyak para penulis blogger yang beranggapan menulis untuk dirinya sendiri, padalah tujuan menulis sendiri adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain yang membaca.

Kesalahan terbesar penulis adalah tidak perdulu dengan pembaca, perlu anda ketahui pembaca akan merasa terhibur dan menedapatkan informasi yang mereka cari dari artikel anda, itu adalah tujuan kita menulis bukan?

Kesalah yang dilakukan oleh penulis lain yang perlu anda hindari dapat anda baca di artikel Kesalan Penulis Yang Harus Dihindari

Kuncinya adalah biasakan jika anda sedang membuat sebuah artikel gunakan kata anda untuk menghargai pembaca…

Usahakan  dalam artikel jangan samapi terkandung kata kata yang sulit dimengerti, hal ini bertujuan agar pembaca tidak terlalu bosan untuk membaca artikel anda..

5.Jangan terpaku pada jumlah kata terlebih dahulu


Nah… dalam hal menulis jangan lah anda terpaku dengan jumlah kata tertentu terlebih dahulu, teterutama bagi para blogger pemula, tulislah semampu anda terlebih dahulu, gunakan gaya bahasa sendiri..

Jangan pikirkan bahwa anda harus menulis artikel sebanyak 500 kata 800 kata atau sebagainya, akan tetapi saya tekankan lagi tulislah semampu anda terlebih dahulu.

Pada saat anda menulis, anda membutuhkan konsep, konsep itu terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup. Maka dari itu membaca artikel dari orang lain sebagai bahan amteri sangatlah penting.

Gunakan basa basi terlebih dahulu tidak apa, akan tetapi tetap jagalah agar informasi yang akan anda samoaikan tetap berharga

Pada dasarnya adalah, menjadi penulis hanya membutuhkan proses dan waktu, jadi dengan cara anda berlatih waktu demi waktu, hal itu akan membiasakan diri anda dan meningkatkan skill pola pikir anda untuk mengembangkan kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan disusun menjadi paragraph…


Nah….. sekian dulu ya sobat yang dapat saya sampaikan tentang cara menulis yang baik, semoga apa yang say tulis dan and abaca ini bisa bermanfaat bagi anda, dan semoga menjadi berkah ya. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa bantu share ya….

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "5 Cara Menulis Artikel Dengan Baik dan Benar"