Resensi Buku Elektronika Analog

Resensi Buku Elektronika Analog
Resensi Buku Elektronika Analog


Identitas Buku

Judul Buku : Rangkaian Elektronika Analog
Pengarang Buku : Pujiono
Penerbit Buku : Graha Ilmu
Tahun Terbit : 2012
Tebal Buku : 202 halaman

Resensi

Elektronik adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan elektronik manusia mampu berkomunikasi, mengakses informasi, dan masi luas cangkupanya dalam kebutuhan manusia baik luar maupun dalam

Rangkain elektronik adalah rangkaian yang memakai komponen elektronika baik aktif maupun pasif , dalam hal ini menyangkut semua rangkaian kerja yang sangat kompleks, walaupun sirkuit ini memakai prinsip – prinsip dasar yang sama seperti pada sirkuit listrik

Buku Rangkaian elektronika analog ini terdiri dari dasar teori op amp, analisa dan sintesa rangkaian dengan op amp (operational amplifier) yang meliputi analisa dan sintesa op amp pada rangkaian open loop yaitu sebagai rangkaian detektor, analisa dan sintesa op amp pada rangkaian close loop dengan umpan balik negatif sebagai penguat (amplifier), analisa dan sintesa op amp pada rangkaian close loop dengan umpan balik positip sebagai pembanding (comparator), analisa dan sintesa op amp pada rangkaian close loop dengan umpan balik positip dan negatip pada rangkaian pembangkit sinyal (signal generator), rangkaian op amp dengan dioda, analisa dan sintesa op amp sebagai penyaring (filter), analisa op amp dengan parameternya yaitu parameter DC dan parameter AC.

Kelebihan buku

Buku ini sengaja dirancang untuk membantu memahami bagaimana rangkaian elektronik bekerja. Buku ini menyediakan pengetahuan dasar terpenting yang diperlukan untuk memahami cara kerja berbagai rangkaian elektroni. Buku ini sangat ideal bagi mereka yang baru pertama kalinya mempelajari elekronika analog pada tingkatan manapun, termasuk dalaam berbagai mata pelajaran baik di sekolah maupun di universitas. Buku ini juga cocok bagi mereka yang ingin belajar kembali atau belajar secara independen dan bagi mereka yang mungkin membutuhkan penyegaran cepat.

Kekurangan buku

Buku ini ideal bagi para pelajar/mahasiswa yang mengikuti pelajaran formal , namun dibalik kelebihan pasti ada kekurangan , walaupun buku ini sangat relevan untuk dijadikan pegangan, buku ini juga sulit dipahami bagi mereka mereka yang tidak punya pengetahuan awal di bidang elektronika atau pembaca pemula, terdapat banyak kata kata benda baru yang kurang dimengerti bagi orang baru membacanya perlu menggunakan kamus atau buku lain untu memahami istilah yang ada di dalamnya. Kurang memanipulasi rumus – rumus dasar dan akan sulit mengikuti contoh – contoh numeric yang diberikan.

Untuk melakukan peminjaman buku Rangkaian Elektronika Analog dapat dipinjam/langsung dibaca di perpustakaan UNY atau kunjungi ling librabry uny.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resensi Buku Elektronika Analog"