Baterai Androidmu Boros? Ternyata Ini Penyebabnya.

Assalamu Alaikum WR WB…….

Semakin majunya zaman, semakin maju juga teknologi di dunia ini, salah satunya adalah smartphone android. Hampir semua smartphone android sekarang menjadi sebuah perangkat yang serba bisa.

Dampak dari kemajuan teknologi tersebut cukup banyak, mulai dari si pemakai bisa memutar video menggunakan perangkat selular nya, berinteraksi menggunakan media social, dan bekerja pada saat masih dalam perjalanan

Akan tetapi disisi lain dari kemampuan teknologi smartphone yang semakin masju tersebut, membuat perangkat itu menjadi boros baterai.

Tapi jangan salah menilai sobat perangkat android rakus daya baterai tidak bawaan dari pabrik ya sobat. Ada banyak penyebab yang mengakibatkan perangkat android menjadi rakus daya baterai.
Penyebab Baterai Android Boros
Penyebab Baterai Android Boros
Lalu apa saja yang membuta android kita menjadi rakus daya baterai? Nah…. Itulah yang akan kita bahas di artikel kali ini. Langsung saja simak saja beberapa penjelasan berikut ini.

Penyebab Baterai Android Boros

1.Menoperasikan aplikasi yang boros daya

Pada masing masing perangkat android ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, contoh seperti aplikasi system untuk memeriksa pembaruan. Selain itu ada aplikasi lain yang boros baterai seperti facebook.

Untuk mengecek aplikasi apa saja yang membuat boros baterai cukuplah mudah, caranya buka setting lalu battery dan disitu akan disajikan grafik tentang pemakaian battery, nah disitulah anda dapat mengetahui aplikasi apa yang membuat ponsel anda boros daya.


2.Terlalu banyak menggunakan widget

Pada dasarnya widget yang kita pasang di layar home screen sangat berguna untuk melakukan jalan pintas ke aplikasi apa saja yang kita mau, akan tetapi disisi lain hal ini juga membuat boros daya pada ponsel kita.

Jadi untuk menghindari hal ini, coba seleksilah widget mana yang memang sangat perlu dan tidak perlu, dan buanglah widget yang tidak perlu tersebut, semakin sedikit widget maka akan semakin hemat daya.


3.Tingkat kecerahan layar terlalu tinggi

Perlu anda ketahui layar merupakan komponen yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai, maka dari itu anda harus memperhatikan tingkat kecerahan pada layar tersebut.

Untuk melakukan penghematan daya maka aturlah tingkat kecerahan layar yang rendah, akan tetapi tetap harus enak dipandang mata. Hal ini untuk menjaga kesehatan mata anda saat mengoperasikan android tersebut atur juga waktu layar anda mati, misalnya 2 atau 5 menit, sesuaikandengan keinginan anda, atur yang sewajarnya saja.

4.Suhu baterai yang tinggi

Pada saat suhu baterai tinggi, hal itu akan membuat daya boros, maka dari itu hindarilah menaruh ponsel anda di tempat tempat yang berpotensi menimbulkan suhu tinggi pada ponsel anda.

Jika ponsel terasa panas pada saat anda mengoperasikan, baik itu untu bekerja, main sosmed, maupun main game, ada bainya anda istirahatkan ponsel anda sejenak untuk menurunkan suhu, hal ini juga untuk menjaga keawetan baterai pada ponsel anda

Beberapa penelitian memaparkan bahwa umur baterai pada ponsel modern dapat dimaksimalkan apabila kita mengisi daya hingga 80% - 90% saja. Dan juga kita harus menjaga kondisi baterai agar tidak dibawah 10%, apalagi sampai ponsel anda mati /  drop.

Nah… sekian dulu ya sobat artikel tentang penyebab baterai android menjadi boros, semoga tulisan ini bias bermanfaat untuk anda. Jadi pada kesimpulannya memang umur baterai pada ponsel tergantung pada penggunaan ponsel itu sendiri, jadi perlakukanlah ponsel itu secara baik dan jangan berlebihan, gunakan secukupnya saja.

Sekian dan terima kasih telah berkunjung jangan lupa bantu share ya sobat….
Wassalamu alaikum WR WB……

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Baterai Androidmu Boros? Ternyata Ini Penyebabnya."

  1. baru tau, pantesan cepet sekali habis
    referensi yang bagus

    BalasHapus
  2. kalau baterai ngembung itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
  3. nah ini masalah bgd punya ane

    BalasHapus
  4. wah bgus juga ne pntes bt5re ane cpt pnas nya

    BalasHapus
  5. Nice gan.. Tentunya waktu recharge hape usahakan tidak sambil dipakai supaya pengisian baterai optimal

    BalasHapus
  6. pantesan android cèpet panas, ternyata.....

    BalasHapus
  7. hp ane miris bgt gan. untung ad artikel ini. jadi agak mendingan. udh tes juga

    BalasHapus
  8. Wah gan makasih banyak infonya, ane beruntung berkunjung ke artikel agan. Mau coba test

    BalasHapus
  9. Thanks om saran nya :D
    Artikel nya bagus :D





    btw berkunjung juga ya ke blog saya dan komen juga..hehe
    http://www.nhtutorials.ga/2017/07/cara-merubah-vavicon-blog-mudah-sekali.html

    BalasHapus
  10. Oh pantesan ho gue sering abis baterai

    BalasHapus
  11. terlalu banyak aplikasi yang jalan juga bisa bikin cepet baterai habis ya ?

    BalasHapus
  12. Ternyata emang bener aplikasi yang banyak pengaruhnya besar banget ke batre, btw makasih infonya gan

    BalasHapus
  13. Punya saya jga baterai nya cepet abis.. trimaksih gan solusinya

    BalasHapus
  14. terlalu sering dibuat main game juga termasuk ya gan?
    solder infrared

    BalasHapus