Androidmu Cepat Panas? Ternyata ini Penyebabnya

Bagi seseorang yang baru membeli dan menggunakan ponsel android, pasti pertama kali mereka akan heran. Mereka akan merasakan cepat panas pada casing belakang ponsel tersebut. Sebenarnya rasa panas itu terjadi karena ada 2 kemungkinan, pertama mungkin mesin itu berjalan dengan baik, dan yang kedua ada keganjalan pada mesin ponsel tersebut. Nah…. Pasti mereaka akan segera mencari solusi agar ponsel mereka tidak terlalu terasa panas seperti biasa. Sebelum melakukan itu, maka pahami dulu penyebab ponsel cepat panas.

Penyebab Android Cepat Panas
Penyebab Android Cepat Panas

Penyebab Android Cepat Panas

1.Banyaknya debu

Untuk penyebab yang pertama adalah kotoran, seperti halnya dengan kompter atau laptop, ketika arus udara masuk kelaur casing preangkat tersumbat, maka udara panas akan terperangkap di dalam perangkat tersebut, sehingga menyebabkan android cepat panas. Sebenarnya banyak sekali penyebabnya, namun yang paling sering ditemui adalah debu. Biasanya kotoran ini ada pada lbang respirator bagian belakang ponsel dan juga lubang speaker.

Penyebab munculnya debu pada ponsel anda sangat banyak, mulai dari tempat anda menyimpan, misalnya di saku, tas, dll. Bias jadi juga pada saat anda meletakkan ponsel anda di tempat yang mengandung polusi udara tinggi


2.Mesin bekerja dengan berat

Untuk pengguna awam ponsel android, mereka tidak terlalu memikirkan terkait dengan kinerja pada ponsel mereka, yang mereka pikirkan hanyalah sekeedar menggunakan. Padahal suatu perangkat memiliki RAM untuk membatasi proses kinerjanya, mereka kebanyakan menggunakan melebihi batas tersebut, sehingga  perangkat akan terjadi overheating.

Ada banyak sekali penyebab ponsel overheating, mulai dari  pemakaian aplikasi berat berat dan juga penggunaan aplikasi yang berlebihan.

3.Kerusakan pada baterai

Kerusakan pada baterai juga berpengaruh pada suhu ponsel kita, penggunaan baterai yang tidak sesuai dengan petunjuk vendor ponsel tersebut juga dapat membuat ponsel cepat panas. Apalagi jika anda menggunakan ponsel anda ketika anda sedang melakukan pengisian daya.
Baca juga tentang :


4.Malware 

Malware merupakan virus yang menyebabkan ponsel kita terasa panas. Ketika suatu perangkat dihinggapi virus malware maka akan terjadi kerujakan pada suatu sistemnya. Menggunakan internet berlebihan dan juga sumber yang tidak jelas secara tidak sadar otomatis akan memanggil virus malware untuk hinggap ke perangkat kita.

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Androidmu Cepat Panas? Ternyata ini Penyebabnya"

  1. Tapi kalo dipake game tiba tiba panas itu karena apa ya? Apa karena procesor nya yang bekerja keras atau emang ada kendala lain?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mantap gan, punya saya sering kali panas mungkin karena malwarenya, thanks gan untuk sharingnya...

    BalasHapus
  4. Trimamasih infonya. Pengalaman kemarin Hp istri saya panas sampai menggelembung dan hp mati karena panas..

    BalasHapus
  5. hp ane sering panas tiba2 mati, kenapa ya? mohon solusinya

    BalasHapus
  6. gimana cara mengatasi malware pada android, pernah scan gagal
    apa ada antivirus khusus?

    BalasHapus
  7. Terlalu banyak menggunakan aplikasi atau menginstall aplikasi

    BalasHapus
  8. kalau panasnya dibagian kameranya aja itu kenapa ya gan?

    BalasHapus
  9. Point 1 aku baru tau nih kalo debu bisa buat hp panas, jadi harus sering2 bersihin nih

    BalasHapus